24/06/2015

Situ di Depok Diharapkan Jadi Destinasi Wisata

DEPOK, (PRLM).- Komisi B DPRD Kota Depok menilai pengelolaan situ di Kota Depok perlu dilakukan melalui pendekatan pariwisata. Pengelolaan yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah saat ini dinilai tidak optimal.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Farida Rahmayanti mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan kajian naskah akademis tentang kemungkinan rancangan peraturan daerah mengenai situ yang dikelola dengan pendekatan wisata. Menurutnya, dengan mengubah 23 situ yang ada di Kota Depok, bisa mencegah kasus hilangnya 5 situ di Depok terulang kembali. Dia mengklaim, pertemuan rutin dengan pemda dilakukan untuk membahas naskah akademis tersebut.
"Diharapkan pengelolaan situ dengan pendekatan pariwisata, kita tidak kecolongan lagi dalam urusan situ ini. Pengelolaannya bisa menjadi lebih optimal pula," katanya, Senin (8/6/2015).
Menurut dia, pengelolaan situ melalui pendekatan pariwisata bisa berdampak kepada semakin besarnya anggaran pengelolaan. Dia mengilustrasikan anggaran untuk Taman Hutan Taya Depok yang saat ini dibiayai dari tiga sumber, yakni bantuan pusat, bantuan provinsi, dan APBD Pemkot Depok. Sementara selama ini, setiap situ mendapatkan biaya pemeliharaan berupa rehabilitasi saja.
Dia menuturkan, sedang merancang agar Situ Cilodong dijadikan sebagai tempat destinasi wisata. Pembahasan Situ Cilodong juga bersama-sama dengan pembahasan naskah akademis situ sebagai destinasi wisata. Menurutnya, pengubahan situ menjadi destinasi wisata dilakukan bertahap.
"Tidak semua situ secara sekaligus dibuat sebagai destinasi wisata. Untuk Situ Cilodong saat ini juga mulai ditempatkan alat berat untuk membenahinya," ujar dia.
Adapun mengenai kelanjutan 5 situ yang tidak jelas keberadaannya, namun tetap dimasukkan dalam Perda RTRW. Dia mengatakan, tidak mempermasalahkannya. Soalnya, masuknya situ-situ itu dalam Perda RTRW telah melalui kesepakatan antara pemerintah pusat dan daerah. Namun, dia mengaku sangsi bila dalam perencanaan, di lokasi kelima situ akan dikembalikan fungsinya. Menurut dia, di beberapa lokasi situ saat ini telah berdiri perumahan.
"Saya tidak tahu menahu tentang kajian teknisnya. Saya perlu melihat dulu bila memang ada rencana membalikkan fungsinya. Sangat sulit saya pikir untuk melakukan hal tersebut," ujarnya.
Dia mengatakan, lebih baik kelima situ tersebut dijadikan pelajaran agar kedepannya Pemkot Depok tidak kecolongan lagi. "Sekarang, lebih baik persoalannya jangan berkutat di lima situ yang hilang, namun beralih ke pengelolaan situ-situ yang masih ada," ujarnya. (Muhammad Ashari/A-108)***

Sumber: Pikiran Rakyat

5 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya. semoga bermanfaat.
    lihat Spesifikasi dan Harga Gadget menarik nya
    Xiaomi Redmi 2 Prime
    Xiaomi Mi 4i
    Xiaomi Redmi 3 Pro
    Huawei P8

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Ace 2
    Samsung Galaxy Grand
    Samsung Galaxy Ace Plus
    Samsung Galaxy S3 Mini

    ReplyDelete
  3. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Fame
    Samsung Galaxy Chat
    Samsung Galaxy Grand Prime
    Samsung Galaxy Y Duos

    ReplyDelete
  4. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Gadget lenovo menarik.

    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    ReplyDelete