15/05/2015

Pencemaran Situ di Tangsel Mengkhawatirkan

Ini fakta dan data paling aktual, terkait pencemaran sungai dan situ yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Menurut Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Tangsel, tiga sungai yang melintas di kota yang baru berusia enam tahun ini — yaitu Kali Cisadane, Kali Angke, dan Kali Pesanggrahan — sudah dalam kondisi tercemar berat!

Data pemantauan yang diambil pada masing-masing empat titik pantau, menunjukkan peningkatan pencemaran pada 2014 dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk analisis air sungai, dilakukan perhitungan dengan metode STORET yang berdasarkan baku mutu kelas II sesuai PP No. 82 Tahun 2001.

Hasil analisis STORET kelas II menghasilkan kesimpulan bahwa, seluruh sungai dalam kondisi tercemar berat dengan skor STORET lebih besar dari/sama dengan minus 30 dengan titik cemar tertinggi, yaitu di Kali Cisadane bagian (lokasi pantau) Cisauk, dengan skor mencapai minus 116.

Perbandingan hasil pantauan terhadap tingkat pencemaran tiga sungai di Tangsel, Kali Cisadane, Kali Angke, dan Kali Pesanggrahan Tahun 2013 dan 2014. (Sumber: BLHD Tangsel)
Kenyataan miris juga terjadi pada situ-situ yang ada di Tangsel. Hasil banding pemantauan pencemaran pada 2013 dan 2014 menunjukkan, delapan situ yang ada sudah tercemar! Situ Parigi, Situ Sasak Tinggi, Situ Rawa Kutuk, Situ Bungur, Situ Rompong, dan Situ Kuru sudah tercemar berat untuk lokasi inlet maupun outlet (aliran air masuk ke situ, dan keluar dari situ). Sedangkan Situ Ciledug tercemar berat untuk inlet, dan outlet-nya tercemar sedang. Hanya Situ atau Bendungan Gintung saja yang inlet dan outlet-nya tercemar sedang.

Perbandingan hasil pantauan terhadap tingkat pencemaran delapan situ yang ada di Kota Tangsel, Banten Tahun 2013 dan 2014 (Sumber: BLHD Tangsel)


Sumber berita:
http://green.kompasiana.com/

1 comment:

  1. To do Not Pressure OR Anything, But Have Ever This considered post there is statement PT Lampung Service this is a
    Service HP Bandar Lampung whose looking to do day
    Service iPhone Lampung to this looking then to out standing that is
    Jasa Kursus Service HP I will try it.
    Jasa Kursus Service HP They have jumping places and so that the device other kid's activity.Youtuber Lampung ,

    Thanks ! Visit Back Subscribel Here ->Youtuber Lampung <-


    ReplyDelete