27/10/2014

Pemuda dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Ya, itulah lirik lagu Bangun Pemudi-Pemuda yang diciptakan oleh Alfred Simandjuntak untuk membangkitkan semangat para pemuda sebagai penopang utama Indonesia.

Bahkan Bung Karno sang proklamator pun berkata, "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia."

Ada apa dengan pemuda? Mengapa pemuda begitu penting artinya bagi kebesaran sebuah bangsa?
Bila menilik sejarah, pergerakan menuju kemerdekaan bangsa ini digagas oleh para pemuda. Mulai dari pergerakan yang bersifat lokal sejak jaman Perang Aceh, hingga akhirnya berhimpun secara nasional pada tahun 1908. Lalu kemudian pada 28 Oktober 1928 digelar Kongres Pemuda ke-2 dimana pada saat itu dilakukan Sumpah Pemuda.

Kaitannya dengan pelestarian lingkungan, lagi-lagi pemuda mengambil peran penting. Sebagai the agent of change, pemuda merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan. 

Hingga saat ini, sudah ribuan organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang lingkungan, baik lokal maupun nasional. Namun demikian, bagaimana dampaknya terhadap kondisi lingkungan Indonesia saat ini?

Pengelolaan sampah yang belum ramah lingkungan, luas hutan yang semakin berkurang, pencemaran sumber daya air, dan permasalahan lingkungan menjadi tantangan bagi para pemuda. 

Apakah kita telah mempersiapkan diri kita untuk mampu menemukan solusi atas masalah-masalah tersebut? Atau malah sebenarnya kita masih bingung dengan akar masalahnya?

Ribuan organisasi lingkungan yang digerakkan oleh pemuda tadi harapannya menjadi titik-titik cahaya di tengah kesuraman kondisi lingkungan hidup Indonesia.

Maka, mampukan diri kita. Jadilah, salah satu dari 10 pemuda yang diinginkan Bung Karno. Jadilah pemuda yang siap menyingsingkan lengan baju untuk bekerja keras menyiapkan masa depan lingkungan yang lebik baik. 

Sadarkah kita bahwa bumi, air, dan udara yang kita nikmati saat ini adalah titipan anak-cucu kita?

Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-86, kawan.

1 comment:

  1. Kabar Gembira, bagi kamu yang sedang mau menggunakan Box Makanan dapat menggunakan Greenpack yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete