08/05/2014

Situ Perigi Dipenuhi Sampah

PONDOK AREN (Pos Kota) –Situ Perigi menjadi tempat pembuangan sampah. Warga biasanya membuang sampah malam hari. Pemkot Tangerang Selatan seperti menutup mata sehingga kawasan itu mirip tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Warga tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Situ Perigi memasang spanduk besar berisi imbauan agar warga tidak membuang sampah di tempat tersebut. Tapi ternyata imbauan dengan baliho besar itu tidak mempan, sampah baru terus saja dibuang warga yang melintas.

“Kesal benar rasanya melihat warga dengan enaknya melemparkan sampah dari kendaraan saat melintas di tempat itu,” ujar Ny. Rina, warga Situ Perigi, Pondok Aren, Selasa (15/4). “Kami tidak tahu warga mana yang sering membuang sampah itu, tapi pelintas yang sering lewat di kawasan itu.”
Akibat buangan sampah terus menerus , permukaan Situ Perigi tertutupi sampah. Dikhawatirkan kalau tidak segera dicegah setu benar-benar menjadi tempat sampah. Warga berharap Pemkot Tangsel khususnya jajaran Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) segera bertindak.

JANGAN MENONTON
Yang membuat warga heran, Pemkot juga seperti tidak peduli.“Harus ada langkah nyata Pemkot, niat baik warga yang memasang baliho mestinya dihargai pemkot dengan menindaklanjuti dengan cara-cara yang nyata jangan menonton,” kata Ny Rina lagi. “Ini sebenarnya yang lebih bertanggung jawab pemkot bukan warga sendiri.”

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Pemkot Tangsel, Rahmat Salam mengatakan kepedulian masyarakat perlu mendapat penghargaan. “Kita hargai inisiatif warga setempat yang sangat baik. Kami mendukung karena untuk kepentingan banyak orang dalam menjaga kawasan resapan air atau Situ Perigi, kami juga tidak tinggal diam,” tuturnya.

Pihaknya akan menindaklanjuti semangat warga itu. Dia minta dukungan warga lain karena situ tersebut akan menjadi kantong air sekaligus resapan untuk kepentingan banyak orang. Diharapkan ke depan situ itu justru dikelola warga seperti Situ Ciledug 7 Muara yang dikelola oleh OKP Ganespa, Situ Bungur yang dikelola oleh Forum Silaturrahmi UNC, dan Situ Gintung Situ Legoso UIN Ciputat yang dikelola mahasiswa pecinta alam UIN. (anton/us)

sumber: Poskota

1 comment:

  1. Masyarakat yang harus ikut serta pembantu pemerintah dalam hal penanggulangan sampah, toh sampah sendiri diproduksi sama manusia, ada yang salah dengan manusia-manusia yang selalu saja membuat sampah sembarangan, jadi yang perlu dibenahi slain lingkungan yang sudah rusak, para manusia yang beretika sampah

    ReplyDelete