11/05/2014

LAWALATA IPB Menggelar Save Our Situ 2014

(foto: Nita Febriani / Koran Kampus)
Satu hari dalam setahun waktu yang sangat singkat untuk membuktikan kita peduli lingkungan. Ada 364 hari lainnya untuk kita berupaya dalam pelestarian lingkungan. Namun unik, karena satu hari berkegiatan SOS adalah bukti kita peduli terhadap lingkungan, lingkungan air sebagai ekosistem menggenang yang terancam hilang karena pendangkalan. Ayo peduli air, ayo ikut SOS.

Save Our Situ merupakan acara tahunan Lawalata yang bertujuan mengembalikan fungsi danau sebagaimana mestinya dan membersihkannya dari limbah. Danau yang semestinya menjadi tempat penyerapan air, kini justru menjadi tempat pembuangan limbah. Hal inilah yang mendasari timbulnya gerakan Save Our Situ. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2006 oleh UKM Lawalata IPB dan beberapa Lembaga dan LK lain yang turut berpartisipasi.

Sabtu 10 Mei 2014, Lawalata kembali mengadakan Aksi Bersih Situ Leutik IPB. Adapun kegiatan tahun ini adalah Aksi bersih, Brainstorming dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH IPB), dan outbond yang terdiri dari lima permainan. Sebanyak 90 orang terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Ada yang seru dan beda dari SOS tahun ini. Ialah lomba mancing yang diperuntukkan untuk masyarakat umum. Sebanyak dua puluh orang pemancing bergeliat semangat pada Jumat 9 Mei 2014. Walau hujan lebat, para pemancing tetap setia menunggu pancingannya. Tidak seperti mancing di kolam ikan yang berkesempatan memperoleh hasil banyak. Danau LSI bukanlah kolam ikan. Hasilnya, hanya siswa Adi Sanggoro yang berhasil mendapatkan ikan walau berukuran kecil.

sumber:
http://www.lawalataipb.org
http://www.korpusipb.com

0 komentar:

Post a Comment