13/01/2014

Sempadan Situ Bungur Terancam Longsor


Kemarin (Minggu, 12/1), Forum Silaturrahmi UNC kembali menggelar Aksi Bersih Situ Bungur, yang kali ini untuk kelima belas kalinya, didukung oleh KMPLHK Ranita UIN Jakarta.

Digelar sejak Februari 2013, Aksi Bersih Situ Bungur menjadi corong pemuda untuk mengajak seluruh masyarakat dan juga pihak yang berwenang untuk bersama menjaga kelestarian Situ Bungur. Gelaran demi gelaran Aksi Bersih Situ Bungur telah mendapatkan perhatian Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan turut mencanangkan Gerakan Bersih Situ yang digelar di beberapa situ yang ada di Kota Tangerang Selatan. Tentunya diharapkan tidak hanya menjadi salah satu kegiatan seremonial.

Dalam gelarannya, Forum Silaturrahmi UNC juga melakukan pengamatan sederhana terhadap kontribusi warga terhadap kebersihan Situ Bungur. Tercatat 73 pipa pembuangan limbah rumah tangga masuk ke dalam Situ Bungur dan tercatat 4 titik akumulasi sampah rumah tangga. Selain itu, pengamatan juga dilakukan terhadap sempadan Situ Bungur yang terancam longsor akibat abrasi.

Melihat posisi pintu buangan limpasan air Situ Bungur, maka sebelah utara Situ Bungur merupakan lokasi yang paling terancam abrasi. Pada Aksi Bersih Situ Bungur XIV yang digelar Minggu (22/12) tahun lalu, tercatat abrasi telah mengakibatkan longsor. Jarak bibir Situ Bungur dengan sisi terluar jalan di sebelah utara Situ Bungur hanya tersisa 34 cm. Dan ketika pengamatan dilanjutkan pada Aksi Bersih Situ Bungur XV kemarin, abrasi telah mengakibatkan tanah selebar 34 cm itu 'lepas' dari jalan. Diperparah lagi dengan seringnya truk bermuatan hilir mudik di atas jalan tersebut.

Rekahan tanah yang siap longsor (dipotret Minggu (12/1))
Forum Silaturrahmi UNC memperkirakan longsor akan terus bergulir hingga jalan tersebut hilang dalam waktu kurang dari setengah tahun bila tidak segera direhabilitasi. Untuk itu, Senin (13/01), Ubaidillah Syohih, salah satu anggota Forum Silaturrahmi UNC menyampaikan informasi beserta foto-foto tersebut kepada pihak Kelurahan Pondok Ranji agar dapat segera ditindaklanjuti.

Semoga, Situ Bungur tidak longsor.

0 komentar:

Post a Comment