03/11/2013

Gerakan Bersih Situ Rompong

Berlokasi di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Situ Rompong merupakan satu dari sembilan situ yang ada di Kota Tangerang Selatan. Situ Rompong awalnya memiliki luas kurang-lebih 2 Ha. Tetapi sejak ada pembangunan rumah-rumah liar di sekitar situ, sekarang luas situ berkurang menjadi kurang-lebih 1,74 Ha, dimana kurang-lebih 8.250 meter persegi di antaranya sudah bersertifikat hak milik. Kedalaman situ semula kurang-lebih 3 meter, tetapi sekarang mengalami pendangkalan menjadi kurang-lebih 1,5 meter. 

Fungsi Situ Rompong di masa lalu berfungsi sebagai irigasi atau pengairan untuk sawah-sawah di sekitar situ, daerah resapan air, dan juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi warga sekitar seperti minum, mandi dan keperluan lainnya. Tetapi fungsi situ sebagai irigasi sekarang sudah tidak ada lagi karena sawah-sawah di sekitar situ sudah dibangun rumah-rumah oleh warga. Selain itu, situ juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk tempat pemancingan karena dulu terkenal banyak ikan di situ tersebut. 

Permasalahan yang ada di Situ Rompong saat ini adalah semakin menyempitnya luas situ pendangkalan kedalaman situ dan pencemaran air situ.

Penyempitan terjadi sudah sejak 15 tahun yang lalu berawal dari pengurukan secara kecil-kecilan untuk pembangunan rumah, lama-lama rumah tersebut semakin banyak sehingga penyempitanpun semakin parah. Sebenarnya pemerintah sudah merencanakan penggusuran rumah rumah tersebut, hanya saja sebagian dari rumah-rumah itu sudah ada yang memiliki sertifikat bahkan sejak tahun 70an sehingga pemerintah sulit melakukan penggusuran.
 
Sedangkan pendangkalan yang terjadi di situ rompong terjadi karena dalamnya lumpur yang disebabkan sampah-sampah yang mengendap yang berasal dari limbah rumah tangga warga sekitar yang membuang limbah ke situ tersebut. Pembuangan tersebut juga mengakibatkan situ tersebut menjadi tercemar.

Untuk itulah Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan melalui Camat Ciputat Timur, mengundang warga sekitar dan Forum Silahturrahmi UNC yang telah secara rutin menggelar Aksi Bersih Situ Bungur sejak Februari 2013 lalu, dalam gelaran Gerakan Bersih Situ pada hari Jumat, 01 November 2013.

Pertanyaannya kemudian, apakah Gerakan tersebut hanya sekadar seremonial ataukah akan menjadi kegiatan rutin seperti halnya Aksi Bersih Situ Bungur atau kegiatan Mulung Sampah-nya Kelompok Peduli Ciliwung Bogor?

Berikut dokumentasi kegiatan tersebut:

Pemandangan indah Situ Rompong
Himpitan pemukiman padat mengancam Situ Rompong
Sampah berserakan di tepian Situ Rompong
Bersama membersihkan sampah
Membersihkan sampah di tepi Situ Rompong
Membersihkan sampah di tepi Situ Rompong

Salah seorang pegawai Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel
sumber bacaan: Sejarah Situ Rompong

0 komentar:

Post a Comment