12/11/2013

DBMSDA Kota Tangsel Prakarsai Gerakan Bersih Situ

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan menginisiasi Gerakan Situ Bersih. Program ini diselenggarakan sebagai upaya melestarikan situ-situ yang ada di tujuh wilayah kecamatan.

Diketahui, kawasan situ merupakan kawasan konservasi, yang kewenangannya berada di pemerintah pusat di bawah Balai Besar Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC). Meski demikian, Pemerintah Kota Tangerang Selatan mempunyai tanggung jawab karena merasa memiliki situ-situ tersebut. Di samping itu, apabila muncul persoalan yang terkait dengan situ, maka siapapun yang berkepentingan terhadap situ tersebut, maka pihak pertama yang akan didatangi adalah Pemerintah setempat.

Gerakan ini sudah digelar di beberapa situ yang ada di kota berpenduduk 1,3 juta jiwa ini. Di antaranya Situ Ciledug - Kecamatan Pamulang yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus, Bendungan Gintung di Kelurahan Cireundeu - Kecamatan Ciputat Timur pada 6 September, Situ Sasak Tinggi di Kecamatan Pamulang pada tanggal 13 September, Situ Parigi di Kecamatan Pondok Aren pada tanggal 20 September.

Kemudian pada Bulan Oktober juga dilakukan kegiatan serupa, dimana pada minggu ke-1 atau 4 Oktober membersihkan Situ Rawa Kutuk di Kecamatan Serpong, minggu ke-2 di Situ Bungur, minggu ke-3 di Situ Ciledug yang dibagi menjadi dua lokasi, yakni di samping Pamulang Square dan di Jalan Ismaya. Ke depan, Situ Rompong di Ciputat dan Situ Legoso di Ciputat Timur juga akan dibersihkan.

Gerakan Bersih Situ Bungur, 12 Oktober 2013

Gerakan Bersih Situ Bungur, 12 Oktober 2013

Gerakan Bersih Situ Bungur, 12 Oktober 2013

Gerakan Bersih Situ Bungur, 12 Oktober 2013

Gerakan Bersih Situ Bungur, 12 Oktober 2013

Dalam setiap kegiatan, Kepala DBMSDA Kota Tangerang Selatan - Hj Retno Prawati ST.MM beserta jajaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain seperti Badan Lingkungan Hidup Daerah, masyarakat sekitar situ serta aktivis lingkungan bahu membahu membersihkan situ yang ada di Kota Tangsel.

“Gerakan Situ Bersih merupakan inisiatif kami untuk menjaga ekosistem di kawasan konservasi. Banyak rumput dan semak-semak, makanya kami bersihkan untuk memperindah dan tidak terkesan kumuh di sekeliling situ. Selain itu, menjaga drainase agar tidak mampet,” ungkap Hj. Retno Prawati ST.MM.

Kegiatan menjaga kebersihan memang telah dilakukan setiap minggu dengan melakukan kerja bakti membersihkan sampah di kawasan situ. Contohnya kegiatan Aksi Bersih Situ Bungur yang dilakukan oleh para pemuda yang tergabung dalam Forum Silaturrahmi UNC yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2013 lalu. 

Camat Ciputat Timur – Mursinah berharap, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel menambah lampu penerangan, agar aktivitas negatif di lokasi itu dapat diminimalisir. "Di APBD Perubahan tahun ini katanya mau ditambah lampu penerangan di sekeliling situ." terangnya.

0 komentar:

Post a Comment