15/06/2013

Wow, Sabtu Besok Pesta Rakyat Situ Bungur Digelar

Masyarakat kelurahan Pondok Ranji kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, patut bangga. Pasalnya, hajatan besar berupa Pesta Rakyat Situ Bungur akan digelar Sabtu dan Minggu besok (15-16/6). Pesta Rakyat Situ Bungur itu sendiri merupakan hasil kreasi kreatif warga setempat yang menamakan dirinya 'Forum Silaturrahmi Under Child' yang selama ini peduli akan kelestarian ekosistem di sekitar lingkungan Situ Bungur.


Panitia Pesta Rakyat Situ Bungur, Ubaidillah Syohih menjelaskan, digelarnya hajatan rakyat tersebut tak lain untuk mengajak masyarakat setempat agar ikut serta menjaga seluruh ekosistem yang ada di sekitar Situ. Sebab menurutnya, semua makhluk hidup sangat bergantung pada keadaan lingkungan.

"Kelestarian Situ Bungur menjadi tanggung jawab kita semua. Mengingat Situ ini menjadi salah satu lokasi tadah hujan dan menjadi kantung air bagi warga setempat," ucap pria yang biasa disapa Ubai ini di Pondok Ranji beberapa waktu lalu.

Selain menjadi daerah resapan air yang ada di Tangsel, sambung Ubai, Situ Bungur juga perlu dijaga kebersihannya. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas air Situ agar tetap baik.

"Maksud agar terjaganya kualitas air Situ tetap baik, karena makhluk hidup tidak pernah lepas dari komponen yang satu ini. Jadi, agar tetap seimbang, kepedulian elemen masyarakat sangat menentukan masa depan Situ Bungur ini," bebernya.

Terpisah, kepala kantor kelurahan Pondok Ranji yang juga pembina Forum Silaturahmi Under Child, H. Mukroni. SE. Msi, menambahkan, dirinya sangat mendukung apa yang dilakukan Forum tersebut. Karena, apa yang dilakukan Forum tersebut merupakan gerakan moral untuk kelangsungan hidup ekosistim yang ada di Situ Bungur.

"Masyarakat Pondok Ranji harus merasa memiliki dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup hayati yang ada Situ itu. Sebab, kalau bukan masyarakat Pondok Ranji, siapa lagi yang akan menjaga kelestariannya," papar Mukroni, kemarin.

Lebih jauh Mukroni mengatakan, untuk menjadikan kawasan Situ Bungur menjadi salah satu ekowisata di Tangsel, dirinya sangat yakin hal itu bisa saja terjadi. Sebab, kekayaan hayati di Situ itu banyak menyimpan potensi untuk dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi.

"Bisa saja Situ Bungur dijadikan salah satu kawasan ekowisata di Tangsel, sebab keberadaan ekosistim di Situ itu banyak menyimpan potensi jika dikembangkan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Situ Bungur yang memiliki luas mencapai 3,2 hektar tersebut, hingga kini masih terlihat asri. Bahkan, untuk mengisi pesta rakyat di Situ Bungur itu, berbagai acara telah di siapkan panitia. Seperti lomba memulung sampah, parade musik, bakti sosial berupa donor darah, pemberian kacamata baca gratis serta beberapa pertunjukan kesenian dan budaya tradisional masyarakat Tangsel telah disiapkan panitia sebagai penunjang kemeriahan Pesta Rakyat Situ Bungur tersebut.(Sr)

Sumber:

0 komentar:

Post a Comment