06/03/2011

Curah Hujan Terus Meningkat, 12 Situ di Tangsel Diawasi

Curah hujan yang meningkat belakangan ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengawasi keberadaan 12 situ yang ada. Kasus atau tragedi Situ Gintung beberapa waktu lalu membuat Pemkot Tangsel selalu waspada.

“Kasus bencana Situ Gintung tentunya menjadi salah satu pelajaran berharga bagi wilayah Kota Tangsel untuk mengantisipasi musibah ini. Terlebih wilayahnya rawan terhadap bencana jebol tanggul di sejumlah situ,” kata Plh Walikota Tangsel Djohari Hidayat didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Rahmat Salam dan Kabag Humas setempat Alpahnaja, Sabtu (5/3).

Menurut dia, dengan mengantisipasi dan selalu dipantau terhadap perkembangan di lapangan khususnya peningkatan debit air di dalam situ tentunya dapat mengurangi bencana tersebut yang akan menimbulkan dampak bagi warga sekitar.

Kondisi wilayang Kota Tangsel yang memiliki sekitar sepuluh 12 situ dan sepuluh titik rawan banjir tentunya menjadi salah satu prioritas penangganan di jajarannya khususnya berkaitan dengan tingkat curah hujan yang lumayan tinggi belakangan ini.

Ditambakan Rahmat Salam, antisipasi kemungkinan bakal meluap debit air di sejumlah situ yang ada tentunya sangat perlu guna mengindari hal-hal yang tak diinginkan seperti jebolnya tanggul serta membuat banjir di kawasan warga.

“Bahkan, pihaknya juga telah meminta bantuan perahu karet, mobil ambulan, mobil dapur umum, tenda darurat dan lainnya,” tuturnya. “Ini memang memerlukan koordinasi antara instansi terkait khususnya Dinas Kesehatan setempat guna membantu penyegahan masalah kesehatan warga.” (anton/B)

sumber: Poskota.co.id

0 komentar:

Post a Comment